Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

6 perubahan kemanan yang mudah untuk pengguna Windows 10





Mengamankan perangkat anda yang memiliki sistem operasi Windows 10 tidak harus membuat anda repot. Dengan sedikit Run-trough, anda dapat menyalakan beberapa dari fitur keamanan dasar dari Windows 10 dan mematikan beberapa yang mengganggu tanpa menggangu kinerja perangkat anda.

Tanpa basa basi lagi, langsung saja kita bahas tentang 6 perubahan kemanan yang mudah untuk pengguna Windows 10:


Membuat saving point

Hal penting pertama yang harus anda lakukan dengan perangkat Windows 10 adalah menyalakan system restore. Fitur ini sangat berguna ketika ada error yang tidak bisa di perbaiki atau anda hanya menginginkan performa komputer anda seperti baru lagi. Semenjak ini di matikan oelh sistem default dari Windows 10, anda harus menyalakannya secara manual dengan mengikuti langkah berikut:

1. Klik Cortana atau klik search(khusus anda yang telah mengupdate windows 10) dan ketik 'system restore'.

2. Pilih Control Panel dan klik Create a restore point.

3. ketika dialog box System Properties muncul, klik tab System Protection.

4. Klik link yang mengatakan Sign in with a local account indtead.

5. Ketika box muncul, ketik password yang anda gunakan untuk akun Microsoft(password yang sama yang anda gunakan untuk sign in/membuka kunci laptop atau pc anda), dan klik Next.

6. Prompt baru akan meminta anda untuk membuat username, password, dan password hint. Setelah anda mengisi semuanya, klik Next.

7. Klik Sign out and finish.

Ini akan membawa anda kembali ke login screen, dimana anda dapat memasukan password baru anda untuk kembali masuk. Dan pada saat itu, anda akan merasakan proses login yang lebih cepat.



Mematikan Stalkerware

Windows 10 secara otomatis dapat melacak lokasi anda dan memonitor kebiasaan anda dalam tujuan untuk menjualnya untuk periklanan. Beginilah cara mematikan kedua dari fitur ini untuk melindungi privasi anda.

1. Klik Start, lalu pilih Settings.

2. Klik Privacy, yang memiliki ikon seperti gembok.


3. Klik Location, kemudian klik On untuk mematikan fitur tracking.

Untuk mematikan Tracking:

1. Kembali ke layar Privacy yang anda buka tadi.

2. Matikan setting untuk Lets app use advertising ID to make ads more interesting to your based on yout app activity.


Baca juga: Privasi Dan Kebebasan Informasi Di Era Digital

Nyalakan firewall dan antivirus anda 

Jika anda telah menggunakan Windows 10 untuk waktu yang cukup lama, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan Windows Defender Security Center. Ini merupakan langkah awal yang baik untuk memonitor kesehatan secara menyeluruh dari komputer anda, tapi ini tidak akan cukup. Salah satu lapisan dari keamanan telah tersedia dalam pembuatan Windows 10, dan anda harus mengambil keuntungan dari hal itu dengan menyalakan firewall dan perlindungan antivirus. Ini caranya:

1. Kembali ke Control Panel, dan pilih System and security.

2. Klik Windows Defender Firewall, kemudian klik Turn Windows Defender Firewall on or off in the side bar.

3. Klik tombol yang mengatakan Turn on Windows Defender Firewall blocks a new app.

Setelah firewall anda menyala, berarti anda tinggal menginstall antivirus terbaik yang anda percaya. Widows 10 memang sangat memanjakan penggunanya, tetapi bukan berarti semua setting ada begitu saja, karena setiap orang punya pilihan tentang privasi dan komputer mereka, sehingga pilihan keamanan ini tidak tersedia secara langsung.

Post a Comment

0 Comments